Peluang usaha perikanan

Written by Administrator    Wednesday, 01 September 2010 11:53
UNTUK INFORMASI DAFTAR HARGA IKAN, SILAHKAN KLIK MENU DEJEE'S PRODUCT
PELUANG USAHA IKAN AIR TAWAR


Ikan adalah salah satu sumber protein tinggi, selain itu ikan juga  mengandung asam lemak tak jenuh (omega-3, Eicosapentaenoic acid /EPA, Docosahexanoic acid /DHA) yang berfungsi untuk perkembangan otak.

A.    Manfaat mengkonsmsi Ikan   

Mengkonsumsi ikan akan beda resikonya dengan mengkonsumsi unsur protein hewani lain seperti makan daging Sapi, daging Ayam atau daging Kambing, dimana dengan mengkonsumsi daging ikan tidak beresiko sekalipun mengkonsumsi daging ikan yang sakit, akan tetapi jika kita mau mengkonsumsi daging Sapi, Kambing atau Ayam kita harus benar-benar mengkontrol apakah daging yang kita konsumsi bebas dari penyakit seperti pada ayam ada penyakit flu burung, di babi penyakit flu babi dan penyakit hewan lainnya yang apa bila terkonsumsi dagingnya maka akan menular pula penyakit nya.

B.    Usaha Perikanan

Usaha perikanan bila di kategorikan terbagi 2 :
1.    Usaha perikanan air laut
2.    Usaha perikanan air tawar
Kedua kategori diatas sama-sama mempunyai potensi dan peluang yang besar karena baik ikan laut maupun ikan air tawar sama-sama mempunyai nilai gizi dan protein yang tinggi.

Usaha ikan air laut kadang terkendala oleh adanya musim angin dan biaya penangkapan yang cukup mahal, dimana kalau kita mau menggunakan kapal tangkap yang canggih membutuhkan biaya dan modal yang sangat besar, akan tetapi kalau kita mau usaha perikanan air tawar modal dan cuaca bukanlah penghambat atau tantangan utama, karena kalau kita mau usaha perikanan air tawar hanya dengan menggunahan lahan sempitpun bisa yaitu dengan contoh penggunaan bak terpal di lahan yang marjinal atau lahan terbatas dan sempit. Disamping itu usaha perikanan air tawar bukan hanya bisa di kerjakan di lahan outdoor (kolam tanah atau jaring apung) akan tetapi di indoor pun bisa seperti budidaya dengan menggunakan bak atau aquarium didalam ruangan.

C. Peluang Pasar

Tingkat konsumsi ikan masyarakat Indonsia berdasarkan hasil survei Sensus Panel 2009 sebesar 15.39 km/kapita/tahun (konsumsi rumah tangga tidak termasuk konsumsi diluar rumah tangga). Menurut Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP), konsumsi ikan tahun 2009 mencapai 30,17 km/kapita/tahun (termasuk konsumsi diluar rumah tangga). Namun demikian patut dicatat hal yang mengembirakan yakni rata-rata dalam empat tahun terkhir konsumsi ikan mengalami kenaikan sebesar 5,96 kg/kapita/tahunsejak 2005. Data tersebut mengambarkan kebutuhan perikanan produksi perikanan yang terus meningakat baik untuk konsumsi masyarakat maupun bahan baku industri pengolahan. (Badan Pusat Statistik Kabupaten Sukabumi, BPSKS)

Pasar untuk komuditas ikan air tawar sangatlah besar dan luas, karena usaha perikanan air tawar terbagi kedalam:
1.    usaha budidaya
-    Pembenihan
-    Pendederan
-    Pembesaran
2.    Penjualan atau agen penjualan ikan konsumsi
3.    Produksi hasil olahan ikan (Diversifikasi)
Mengkaji 3 segmen diatas sudah barang tentu peluang usaha perikanan sangatlah prosfektif



Semoga bermanfaat

Deny Rusmawan, ketua FKP2AT wil I Jawa Barat




Last Updated on Friday, 24 May 2013 15:35
 
Joomla template by ByJoomla.com